let's be the greeners!

Pekanbaru 8 SHS loves ENVIRONMENT!

Sabtu, 22 Oktober 2011

Artikel : Cuci Tangan Cegah Infeksi Nosokomial

Cuci tangan sudah dikenal sebagai cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran infeksi sejak tahun 1840. Dr. Ignaz Semmelweis yang bertugas sebagai asisten di bangsal kebidanan rumah sakit di Wina, Austria, mengamati bahwa angka kematian di bangsal bersalin yang dikelola oleh dokter lebih tinggi daripada yang dikelola para bidan. Dari observasi yang dilakukannya, didapati bahwa para mahasiswa kedokteran tidak mencuci tangan setelah pelajaran otopsi (bedah mayat), melainkan langsung menuju bangsal bersalin. Sangat besar kemungkinannya bahwa tangan para mahasiswa tersebut membawa kuman.

Kuman paling mudah berpindah melalui tangan, oleh karena itu kebersihan tangan maupun kulit sangat penting dijaga. Menjaga kebersihan tangan dan kulit, berarti membantu diri dari lingkungan terhindar dari infeksi nosokomial. Infeksi nosokomial adalah penyebaran atau penularan penyakit saat seseorang dirawat di rumah sakit.

Kelihatannya sepele, namun cuci tangan merupakan cara ampuh untuk mencegah penyebaran penyakit. Tidak hanya yang sakit, mereka yang sehat dan para ahli kesehatan pun harus menyadari pentingnya menjaga kebersihan tangan dan kulit dengan cara rajin cuci tangan.

source: Betterhealth. Agustus - Oktober 2011 

0 comments:

Posting Komentar